Kiat Mudah Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah 

Kereta.jpg

Traveling saat akhir tahun sepertinya sudah menjadi agenda wajib yang harus ada di dalam acara liburan. Banyak orang yang ingin menikmati masa liburan dengan menyenangkan diri bersama orang tersayang. Mungkin ini adalah momen yang pas untuk menikmati seluruh keberhasilan yang diperoleh dan mempersiapkan diri menyambut sejumlah tantangan pekerjaan setelah liburan selesai.

Duli sebelum punya balita lagi, aku dan suami juga sering liburan di akhir tahun. Salah satu momen liburan akhor tahun yang paling berkesan adalah pada Desember 2013.

Waktu itu kami pergi ke Bali berdua menggunakan pesawat rute Bandung – Bali. Pulangnya, berhubung kami tidak mendapatkan tiket pesawat murah, jadi kami memutuskan terbang naik ke Jogja dulu. Dari Jogja, baru kami kembali ke Jakarta naik kereta api.

By the way, tiket kereta api yang kami beli secara online waktu itu masih murah sekali. Cuma 70 ribuan untuk kelas ekonomi. Ya, kami memang selalu traveling on budget, jadi mau ngga mau kami harus memilih yang termurah. Lagipula, kami belum punya bayi, jafi kenyamanan bukan prioritas utama kami ketika itu.

Oya, dari beberapa pengalaman traveling on budget, kali ini aku ingin berbagi tips berburu tiket yang biasa kulakukan.

Pertama, kunjungi beberapa penjual online sekaligus. Kita tau lah, sekarang ini membeli tiket tidak sesulit dulu, dimana kita harus antri di loket stasiun kereta api. Sekarang ini sudah banyak agen travel online yang bisa dikunjungi dengan sangat mudah menggunakan smartphone. Tentunya ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri karena kita bisa memperoleh informasi penawaran yang paling baik dengan cepat dan mudah. Tetapi walaupun begitu, membeli tiket di agen online harus menggunakan strategi yang pas agar bisa memperoleh tiket dengan harga paling murah. Strateginya ya dengan membandingkan harga dari setiap travel agen, atau memanfaatkan promo yang ditawarkan.

Tip kedua, sebaiknya pilih tanggal traveling saat hari kerja. Saat weekend dan libur tanggal merah di kalender, biasanya membuat harga tiket kereta api menjadi sangat mahal dan melambung begitu tinggi. Lebih-lebih di musim akhir tahun yang mana banyak tanggal merahnya. Banyak orang yang memanfaatkan momen libur tersebut untuk traveling. Nah, itu sebabnya aku lebih suka memilih waktu yang berbeda dengan kebanyakan orang, supaya harga tiketnya juga murah. Waktu ke Bali dan Jogja pada Desember 2013 lalu, aku malah ambil tanggal 10 sampai 15 Desember. Masih jauh dari libur Natal & Tahun Baru. Hehe.

Selanjutnya tip ketiga, sebaiknya membeli tiket untuk pulang dan pergi secara sekaligus. Online travel agent atau penjual online biasanya akan memberi potongan harga jika kita membeli beberapa tiket sekaligus. Harga yang bisa kita dapatkan tentu akan lebih murah. Dan itu artinya kita bisa menghemat uang, tenaga serta pikiran.

Tip keempat, pertimbanhkan untuk ambil perjalanan malam. Mengapa memilih tiket yang berangkat malam atau kereta malam? Jangan salah, memilih tiket dengan keberangkatan malam hati bisa menghemat pengeluaran biaya yang cukup banyak, karena harga tiket untuk keberangkatan malam hari biasanya jauh lebih murah. Selain itu, perjalanan dengan kereta api, apalagi jika jarak jauh, pasti akan memakan waktu yang lumayan lama. Nah, kita bisa manfaatkan untuk tidur di perjalanan. Bisa sekalian hemat biaya penginapan kan?

Tip terakhir atau yang kelima, saat menemukan harga termurah, segera lakukan pembelian. Kereta api itu kan termasuk moda transportasi yang digemari banyak orang. Jadi tiketnya bisa habis dalam waktu cepat. Makanya kita perlu bertindak cepat, jangan menunda-nunda, dari pada kehabisan. Ya, kan?

Advertisements

4 thoughts on “Kiat Mudah Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s