Postcard From Pantai Goa Cina

panorama pantai goa cina

Perjalanan ke beberapa pantai di Malang – Jawa Timur sudah lama berlalu. Tapi belum satu pun cerita yang kutulis dan publish di blog. Hari ini, saat membuka kembali folder foto, aku menemukan betapa banyak gambar yang sempat kuambil di sana. Rasanya sayang jika hanya tersimpan begitu saja. Jadi tak ada salahnya kalau kupilih beberapa untuk kubagi di blog.

Legenda Goa Cina

Ada sebuah legenda yang menjadi daya tarik utama pantai Goa Cina. Legenda itu yang menjadi asal-usul penamaan pantainya.

legenda guo cino

Sayangnya, saat ke sana aku agak malas memasuki goa yang melegenda itu. Soalnya, goa-nya ada di atas bukit karang. Untuk masuk ke sana, butuh sedikit usaha. Harus manjat lewat jalur yang sudah dibuat menjadi anak-anak tangga naik ke atas. Kulihat jalurnya sempit dan pengunjung sedang ramai. Tambah malas lah aku untuk berdesakan atau mengantri. Cukup nonton mereka dari jauh saja lah ya.

Ciri khas lain dari Pantai Goa Cina adalah sebuah pintu gerbang bergaya arsitektur China. Warnanya khas. Merah, kuning emas dan hijau. Ada dua ekor naga di bagian puncak, dengan ujung-ujung atap memiliki ukiran khas. Cantik!

Pantai Goa China berbatasan langsung dengan dengan samudra Indonesia. Biasa dikenal dengan pantai laut selatan. Jadi ngga heran ya kalau Pantai Goa Cina punya ombak yang besar. Sayangnya, dasar pantainya berbatu karang dan terjal, sehingga berenang atau surfing adalah aktifitas yang sangat-sangat tidak disarankan.

It’s Rocky!

Coral, tebing karang dan juga pasir berwarna emas menjadi daya tarik lain buatku. Pada beberapa bagian, batuan karang ditumbuhi lumut berwarna hijau. Makin eksotis untuk dipandang.

Pantai Goa Cina bisa jadi alternatif wisata jika sedang jalan-jalan di Malang. Ya seperti yang kita tau, Malang biasanya terkenal dengan wisata Gunung Bromo. Paket wisata ke Bromo biasanya digabungkan dengan objek wisata lain ang bisa dijelajahi sebelum muncak. Biasanya, operator tour n travel ke Bromo akan membawa traveler untuk mengunjungi beberapa candi yang ada di Malang, atau rafting di sungai Amprong.

Beruntung aku hanya membeli paket tour Bromo tanpa menginap. Jadi waktu yang aku punya setelah sampai di Malang, aku gunakan untuk main ke pantai.

Itinerary-nya begini;

Hari pertama, aku menuju Malang dari Jakarta dengan flight pertama. Tiketnya aku beli melalui Traveloka. Hari masih pagu ketika pesawat yang kutumpangi mendarat di Malang. Aku dijemput oleh Rifqy & Silvi. Mereka adalah teman yang sudah cukup akrab setelah berkenalan melalui hobi yang sama, yaitu traveling & blogging. Dari bandara, kami langsung meluncur ke pantai Goa Cina dengan menyewa sebuah mobil Avanza.

Menjelang sore, kami menuju pantai Kondang Merak. Tujuannya untuk menikmati sunset di sana, sekaligus makan malam. Rifqy merekomendasikan sebuah warung makan yang oke banget dalam mengolah seafood. Menu yang recomended adalah gurita. Foto dan cerita lengkap saat di pantai Kondang Merak nanti aku post terpisah.

Setelah makan malam, baru deh kami meninggalkan pantai dan menuju kota Malang. Kami sempat ngopi-ngopi di sekitaran Balai Kota Malang. Sekitar jam 11 malam, barulah aku berkumpul di kantor operator travel yang akan membawaku berpetualang ke dataran tinggi Bromo.

Advertisements

20 thoughts on “Postcard From Pantai Goa Cina

  1. Pantai Goa China memang cantik! πŸ˜€ The beach looks so quiet and peaceful, and sounded like a long day for you since you left the beach at night. But it’s not every day that you go to a place like that. Haha, kamu malas to go into the goa πŸ˜€

    • Haha. I went to this beach in the last 2014, Mabel. Actually not to quiet, it was crowded at the other side, especially at the cave (goa). I prefer to explore other side that is more quiet so I can enjoy it my way. Haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s