Review blog Eda; Traveler yang puitis

Nulis review blog? Ini yang pertama kali buatku. Yuk dicoba! Dan korban percobaan pertama adalah blog dengan platform wordpress milik Eda Akbar, seorang emak yang aku kenal dari Komunitas Emak-emak Blogger (KEB), lalu menodongku untuk jadi pasangan dalam kontes Blog Review~Saling Berhadapan yang digelar pakdhe Cholik. Ternyata ia memiliki passion yang sama denganku dalam hal traveling dan menulis, dan sekarang aku beri julukan seorang “Traveler Puitis” seperti dalam judul posting ini. Silakan diintip kalo nggak percaya 😉 www.edapoenya.wordpress.com

header eda

Print screen header blog edapoenya

Kesan Pertama

Mengapa aku mejulukinya sebagai seorang traveler puitis? Bisa dilihat dari judul blognya, CATATAN SENJA. Gabungan dua kata yang menjadi tema utama blognya, sudah menggambarkan bahwa si pemilik blog ini pasti seorang yang puitis. Dan setelah dlihat lebih lanjut ke bagian arsip blog, dapat ditemukan sebuah kategori poems – poetry.

Dan foto headernya itu, aku langsung bisa mengenali bahwa si pemilik blog ini pasti punya hobi yang sama denganku. Backpacking? Yups! Mangagumi keindahan alam ciptaan Tuhan yang luas. Terbukti juga ada kategori Traveling di arsip blognya. Ssst.., setelah lebaran tahun ini, kami juga berencana backpacking bareng ke Bromo. Gabung yuk! 😉

Kesan Selanjutnya

design eda

Design blog yang simple

Design & Gaya Penulisan membuat nyaman

Hal yang mebuat saya nyaman saat blogwalking biasanya yang utama adalah design dan gaya penulisan. Saat pertama kali buka blog milik mba Eda ini, aku menemukan design yang simple. Background dengan kombinasi warna yang lembut masih menggambarkan seorang perempuan puitis, dan yang terpenting sebenarnya adalah tidak membuat mata cepat lelah. Seperti contohnya blog dengan background gelap dan font tulisan yang menyala.

Postingan yang sering aku baca dari blog ini adalah dari kategori Traveling. Gaya penulisannya mengalir seperti bercerita dengan alur maju. Menceritakan pengalaman jalan-jalan ke suatu tempat dari awal hingga akhir, lengkap dengan berbagai informasi seperti rute perjalanan, sarana transportasi umum beserta tarifnya, kuliner, serta bebagai hal unik yang ditemukan selama perjalanan seperti budaya dan pernak-pernik souvenir.

Postingan lain yang sering juga aku abaca adalah puisi dan prosa. Berhubung aku juga suka menulis prosa, maka aku senang ‘mengobrak-abrik’ arsip blog ini terutama di kategori poem – poetry. Jika mengutip kata-kata dari Iwan Setyawan, seorang penulis novel 9 Summer 10 Autumns, bahwa  “Menulis adalah refleksi dari jiwa-jiwa yang ‘gelisah’. Saya sudah menulis and for me, that’s beautiful.”, maka dari setiap puisi dan prosa yang ditulis oleh mba’ Eda, kita bisa ikut merasakan ada kegelisahan hati dalam setiap tulisannya.

Kategori tulisan lain, jujur aku jarang ngintip. Karena aku memang tipe pembaca yang hanya mau membaca secara serius postingan yang sesuai dengan passionku saja. Tapi secara keseluruhan isi postingan, blog ini adalah blog campuran. Maksudnya, isinya tidak dikhususkan untuk postingan cerita jalan-jalan, atau khusus puisi. Di blog ini juga bisa kita baca, sharing dari si penulis tentang ide-idenya, tentang keluarga, pernikahan dan anak-anak, tentang mengatur keuangan, dan tentang kesukaan lain dalam bidang buku, musik, dan film.

Page yang unik

Mba Eda menampilkan 3 page di atas header, yaitu Home, Who am I?, dan Putu-Putu. Page Home tentu saja berfungsi untuk kembali ke halaman awal setelah menelusuri isi blog atau setelah membaca sebuah postingan lengkap. Dan yang unik adalah penamaan page yang biasanya orang lain akan memilih kata About untuk mendeskripsikan si pemilik blog dan blognya, tapi disini mba Eda memilih sebuah kalimat tanya Who am I? Penasaran dong jadinya, ingin tau siapa sih dia? Klik deh!

Untuk page Putu-Putu, orang yang nggak gaul mungkin nggak ngerti apa itu artinya Putu-putu? Setelah di klik, rupanya itu page untuk foto. Tapi kok sayangnya Cuma ada dua foto disitu? Yang lainnya mana mba? Ditunggu ya update pagenya 😉 Padahal, kalau di postingan blog, terutama yang kategori traveling, mba Eda ini melengkapi cerita dengan banyak foto. Dan foto-fotonya itu bagus-bagus, sukses membuat aku ngiler karena ingin juga pergi ketempat yang diabadikan lewat foto itu.

Nah satu lagi yang paling kiri ada tambahan RSS, itu buat apa ya? Menurut aku itu kurang penting, hapus aja deh mba. 😀

Widget seperlunya

Di sisi kanan ada kolom widget yang isinya tidak terlalu ramai. Hanya memuat info seperlunya yaitu Update posting, Posting terpopuler, Kategori, Arsip, dan beberapa banner. Meski si pemilik blog mengaku widgetnya ramai, aku pribadi sih masih nyaman melihatnya, karena widget-widget tambahan tersebut cukup simple dan tidak membuat mata menjadi lelah karena ada banyak blogger yang memasang widget animasi seperti yang bergerak dan berkelap kelip.

Penting juga dalam pemilihan widget yang dipasang tersebut karena akan mempengaruhi proses loading saat blog akan dibuka. Dan blognya mba Eda ini termasuk blog yang proses loadingnya nggak lambat.

Penutup

Akhirnya, selesai juga nulis reviewnya. Semoga si pemilik blog yang jadi korban ini berkenan. Dan untuk para blogger yang doyan blogwalking, mampir-mampir deh ke blognya mba Eda, traveler dan blogger yang domisilinya di Surabaya ini. Ada banyak info traveling yang disampaikan melalui catatan perjalanan, juga sharing tentang kesehariannya yang bisa saja dijadikan pelajaran setelah mebacanya. Dan jangan sungkan tinggalkan komentar, doi orangnya ramah kok. Pasti akan dijawab dan berkunjung balik. 🙂

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

Advertisements

27 thoughts on “Review blog Eda; Traveler yang puitis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s