Belajar bisa dimana saja

sdn3

Menjalani peran sebagai perempuan bekerja, menjalani hobi traveling dan sekaligus sebagai ibu dari dua orang anak, tentu saja tidak mudah. Tidak mudah menurut saya adalah ketika saya harus melawan rasa sedih dalam hati saya, rasa bersalah karena banyak waktu yang harus saya korbankan untuk bekerja dan meninggalkan anak-anak saya di rumah. Namun ini harus dijalani karena sebagai seorang single mom, saya juga harus berperan sebagai pencari nafkah.

Belum lagi hobi saya. Traveling bagi saya bukan saja memiliki fungsi rekreasi. Lebih dari itu, banyak hal bisa kita lakukan untuk memberi manfaat tidak saja untuk diri tapi juga untuk orang lain, dan lingkungan sekitar yang kita datangi. Untuk itu saya dan teman-teman traveler kemudian membentuk suatu komunitas bernama Backpacker Koprol. Komunitas ini untuk menghimpun para traveler agar sama-sama memiliki visi yang sama, yaitu; “menjadi traveler yang tidak hanya sekedar jalan-jalan untuk menikmati keindahan, tetapi juga memberi manfaat untuk tempat yang didatangi”.

Melalui komunitas tersebut saya dan teman-teman berkomitmen untuk konsisten membuat event-event untuk merealisasikan visi tersebut. Maka saya pun lagi-lagi harus menggunakan waktu libur untuk beraktivitas di luar rumah. Namun sebisa mungkin saya tetap menciptakan waktu yang berkualitas untuk bersama anak-anak. Jika memungkinkan, saya juga akan mengajak anak saya saat pergi traveling dan berbagai event.

Seperti pada tanggal 9 Maret 2013 lalu. Dalam event jalan-jalan ke Krakatau di selat Sunda, tersisip agenda bakti sosial di pulau Sebesi dengan menyumbangkan sejumlah buku untuk satu-satunya sekolah SD yang ada di sana. Pulau Sebesi adalah satu dari pulau-pulau yang ada di sekitar gunung Krakatau yang dihuni. Ada 3 perkampungan di sana. Pulau sebesi ini dapat dijangkau dengan perahu motor dari dermaga Canti di provinsi Lampung, dengan memakan waktu perjalanan laut kurang-lebih 3 jam.

Event tersebut diikuti oleh sebanyak 50 orang peserta, dan masing-masing peserta memberi donasi sebesar Rp25.000,- untuk dibelikan buku. Kami juga bekerja sama dengan Rumah Dunia dan komunitas BHSB (Blogger Hibah Sejuta Buku), yang memberikan sumbangan berupa buku-buku bacaan dan pelajaran. Cerita tentang event ini saya tulis juga di postingan berjudul Bocah 6 Tahun Muncak Krakatau

Saya mengajak anak pertama saya yang baru berusia 6 tahun. Saya ingin anak saya tau dan terbiasa sejak dini terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif. Foto di atas adalah saat saya dan seluruh peserta event selesai melakukan bakti-sosial di SD N Tejang di pulau Sebesi. Dalam perjalanan meninggalkan sekolah SD untuk kembali ke homestay, kami melewati lapangan yang sangat panas. Terlihat sebuah pohon waru dengan beberapa kerbau berteduh disana. Dan itu menarik perhatian anak saya.

Belum pernah sebelumnya anak saya berdiri begitu dekat dengan kerbau. Maka pada kesempatan tersebut saya menunjukkan pada anak saya, ini lah kerbau. Tidak jauh dari pohon tersebut ada juga sebuah lubang berlumpur, dan seekor kerbau sedang berendam di dalamnya.

“Ibu, kenapa kerbau itu main kotor?”, anak saya bertanya heran.
“Kerbau itu sedang berendam untuk mengatur suhu tubuh karena kepanasan, bukan main kotor”, begitu saya coba menjelaskan.

Kegiatan belajar itu tidak melulu harus di sekolah dan di rumah. Tetapi juga di luar rumah, di alam bebas, pada setiap moment bersama anak, termasuk saat traveling.

Foto ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Sehari Menjadi Srikandi.

Advertisements

4 thoughts on “Belajar bisa dimana saja

  1. Selamat memeringati Hari Kartini 2013.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan Sehari Menjadi Srikandi
    Nantikan pengumuman hasilnya tanggal 1 Mei 2013
    Salam hangat dari Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s