Bocah 6 tahun ‘muncak’ Krakatau (part.1)

Alarm berbunyi di pagi buta, tepat pukul 2 dini hari, 10 maret 2012. Membangunkan aku, anakku Daffa’ dan teman-teman satu rombongan trip “Koprol Bareng ke Krakatau” yang diselenggarakan oleh Backpacker Koprol, dan kebetulan aku panitianya. Badan masih remuk rasanya setelah seharian melakukan banyak kegiatan di hari pertama trip krakatau, 9 Maret 2013. Bakti Sosial dengan menyumbang buku dan bermain bersama siswa-siswi di SDN 1 Tejang-Pulau Sebesi, snorkeling dan explore pulau-pulau yang ada di komplek Krakatau.

Berbagi cerita tentang Indonesia

Anak-anak di SD itu sangat menyenangkan, kami bermain bersama di bawah terik matahari jam 11 siang, di lapangan sekolah. Lelah bermain, kami duduk bersama, saling memperkenalkan diri dan bercerita. Aku terkesima dengan beberapa anak-anak yang bercerita bahwa hobi mereka membaca. Mereka suka membaca karena dalam buku banyak cerita petualangan. Mendengar itu, aku yang sedang on fire traveling jadi mendapat banyak kata-kata untuk disampaikan kepada anak-anak yang duduk membentuk lingkaran kecil bersamaku. Ku ceritakan kepada mereka, bahwa salah satu alasan aku datang ke pulau Sebesi juga karena adanya jiwa petualang dalam diriku. Dan mereka terperangah ketika ku beri tahu bahwa Indonesia ini negara kepulauan yang cantik dan memiliki lebih dari 17.000 pulau.

“Ha! tujuh belas ribu?” Begitu kata salah seorang anak dengan expresi wajah yang terkaget-kaget. Sementara anak-anak lain yang juga terkaget saling berpandangan satu sama lain. Sementara, sejenak aku melupakan Daffa’ yang berteduh di teras perpustakaan bersama beberapa teman ku yang lain. Aku melanjutkan cerita ku kepada anak-anak yang lucu dan menggemaskan itu. Ku ceritakan beberapa pengalaman ku selama berpetualang, berenang bersama ubur-ubur di pulau Sebuku, lompat dari jembatan cinta di pulau Tidung, snorkeling dan menyapa ikan-ikan dan terumbu karang. Dan ku ceritakan betapa inginnya aku melihat komodo di indonesia bagian timur, atau juga berenang bersama ubu-ubur yang tidak menyengat di Kakaban. Entah mengapa, tiba-tiba saat itu aku berpesan kepada mereka untuk melakukan petualangan juga, kelak, saat mereka sudah dewasa.

Sampai akhirnya berakhir juga acara baksos di SD Negeri satu-satunya di pulau Sebesi itu. Aku, Daffa’ dan semua teman kembali ke homestay. Bersiap untuk makan siang di pendopo yang letaknya persis di pinggir pantai dekat dermaga pulau Sebesi. Lalu melanjutkan agenda trip hari pertama itu, yaitu explore pulau Sebuku, Cemara, dan Umang-Umang. Menyenangkan sekali memang, setelah semua terlewati tinggallah rasa pegal di seluruh bagian tubuh. Sampai-sampai Daffa’ pun menangis saat malam sebelum tidur, mungkin karena rasa lelah dan terlalu mengantuk. Sementara aku masih belum bisa mengantarnya tidur karena harus stand by di pendopo-tempat makan, sampai semua peserta selesai dengan makan malamnya. Ah, Daffa’ memang sukses membolak balikkan fikiranku. Sesaat aku terkagum dengan kemandiriannya selama seharian mengikuti agenda trip, dan sesaat kemudian suara tangisnya membuat aku sadar bahwa dia tetap saja anak-anak.

Bunyi alarm dari handphone di dini hari itu masih saja berdering. Bersahutan antara beberapa handphone milik lebih dari 10 peserta yang tidur dalam satu homestay. Ku lihat Daffa’ masih pulas tertidur, beberapa peserta sudah sibuk mempersiapkan diri, dan beberapa lainnya masih terduduk di atas tempat tidur dan mencoba mematikan alarmnya. Ah, aku malas bangun. Ku temggelamkan lagi tubuhku ke pelukan kasur lantai dengan lebar 120 centieter yang kutiduri bersama Daffa’. Tiba-tiba salah seorang teman menepuk pundakku yang sedang asik tidur dengan posisi tengkurap.

“Mba, bukannya kita berangkat ke krakatau jam 2?”
“Mundur saja, kabarnya disana hujan.”
Tanya jawab singkat, dan aku kembali melanjutkan tidur.

***bersambung***

Berpose setelah menyelesaikan tantangan game

Bermain game; mengurai tangan yang saling bertaut